Monday, February 2, 2009

Konverter Sudut Pandang Manusia versi 1.0

Suatu hari, seorang programmer ecek-ecek sedang kesal menghadapi client-nya yang banyak tingkah. Sang programmer beranggapan bahwa client-nya yang satu ini terlalu banyak permintaan dan sangat pelit. Padahal sebelumnya dia telah menyadari bahwa dalam perjalanan karirnya, dia pasti akan menemui orang semacam ini. Oleh karena itu, sang programmer berpikir bagaimana caranya agar dia bisa menghadapi setiap client yang berperangai seperti ini.

Disela-sela membuat program yang diminta clientnya tersebut, dia menganalisa beberapa sifat client yang pernah dia tangani. Sang programmer beranggapan bahwa sesungguhnya setiap client adalah sama, mereka adalah manusia yang baik, yang jadi masalah adalah sudut pandang sang programmer terhadap si client tersebut. Untuk saat ini, sang programmer memiliki sudut pandang yang buruk terhadap si client. Maka dia berencana merubah sudut pandang dirinya terhadap setiap orang, agar siapapun orang yang dihadapi adalah orang yang baik karena dia telah memiliki sudut pandang yang baik terhadap orang tersebut.

Berbekal otak IT yang masih dangkal, sang programmer membuat sebuah program yang menganalogikan manusia dalam dunia pemrograman. Hasilnya dapat dilihat dalam dokumentasi program di bawah ini.

Jika kehidupan ini dianalogikan dalam dunia pemrograman. Saya ini adalah data. Anda juga adalah data. Susilo Bambang Yudhoyono juga data. Setiap manusia yang hidup saat ini adalah data. Saya, begitu juga anda dan individu lainnya memiliki tipe data yang sama. Saya sebagai data memiliki tipe data manusia, begitu juga anda, manusia. Layaknya angka biner yang hanya memiliki 2 wujud (0 dan 1), tipe data manusia juga memiliki 2 wujud, yaitu manusia yang baik dan manusia yang buruk.

Nah, dalam program ini, sang programmer ingin membuat sebuah program yang mampu merubah sudut pandang sesorang terhadap orang lain. Inputnya adalah data manusia apapun wujudnya yang kemudian diproses untuk menghasilkan output yang juga data manusia namun dengan satu wujud yang sama, yaitu manusia yang baik. Belakangan diketahui bahwa program yang dibuat tersebut bernama Konverter Sudut Pandang Manusia versi 1.0

Sang programmer mempublikasikan sebagian source code program tersebut untuk dikembangkan oleh developer software kehidupan lainnya. Berikut adalah sebagian source code yang dimaksud:

manusia sudut_pandang( manusia $data_manusia ){
if( $data_manusia != "MANUSIA BAIK" ){
$data_manusia = "MANUSIA BAIK";
}
return $data_manusia;
}

Bagi yang terbiasa dengan bahasa pemrograman Java, tentunya tidak sulit membaca program diatas, karena (ternyata) sang pembuat program tersebut adalah benar-benar orang Java, tepatnya di Jalan Hamid Rusdi gang III no 234, RT-02 RW-12, Kelurahan Bunulrejo, kecamatan Blimbing, Kota Malang, East Java, Endonesa.

Program Konverter Sudut Pandang Manusia versi 1.0 ini sangat cocok disumet (diaktifkan) saat penggunanya sedang bertemu dengan orang yang menurut dia menyebalkan. Anda tertarik untuk mencobanya? Silahkan download di hati dan pikiran anda (ABSOLUTELY FREE DUNIA AKHIRAT!).

Sang programmer juga mengijinkan anda untuk turut serta mengembangkan program tersebut menjadi program kehidupan yang lebih baik. Amin..

6 comments:

  1. wihhh keren nih! bener2 khas orang IT! srink2 bikin analogi kayak gini mas...lucu...wkwkwk

    ReplyDelete
  2. sampe akhirnya programer lain membuat sebuah source yang mengasumsikan tentang dirinya saat membaca posting di atas.. dengan source seperti ini..

    if (ereg("^[#-_,'"$|\]+?|[$-/'"]$", $$data_manusia)) {
    $otak_gw = "sial kok gw ngga ngerti - ngerti ya ginian..!!"
    ;
    return $otak_gw;
    }

    wkakak... mumet banget..
    salam kenal wae.. :D

    ReplyDelete
  3. anjrit kita tetangaan, aku juga di hamid rusdi gg 3, no 217

    ReplyDelete
  4. HAduh2.... pakdhe2 ckckckck no comment de ^^
    Sukses trs ya

    ReplyDelete
  5. setelah dicoba, konverter ini ga bisa berlaku bwt semua manusia?? ini bug dari program atau mesin saya yang rusak ya?

    Salam Java!

    ReplyDelete
  6. @uMy: makasi My.. stay tuned aja yew.. masi cari wangsit.. wakakaka..7x

    @Andri: jaah.. gaya loe Ndri.. bilangna kgak ngerti, aselinya master programming gtu.. wakakaka..7x

    @Abu Aisyah: Loh?! -speechless-

    @Intan Chubby: sama, aku juga no comment.. amiin.. salam sukses dan luar biasa!

    @Tiara: silakan hubungi customer service kami.. Salam PHP!

    ReplyDelete