Friday, February 20, 2009

Programming: Trial and Error

Trial and error adalah salah satu metode yang bisa digunakan dalam mencari solusi sebuah masalah. Metode ini banyak ditemukan dalam bidang informatika atau ilmu komputer. Trial and error menggunakan pendekatan aplikatif dari sebuah algoritma yang akan digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah.

Pengertian tentang istilah trial and error dan algoritma ada di sini dan di sana.

Saya menggunakan metode ini ketika saya merancang sebuah algoritma baru untuk menyelesaikan masalah yang sedang saya hadapi. Dengan metode ini, saya bisa dengan mudah menerapkan teori-teori terkait dalam algoritma yang saya rancang. Metode ini terbukti cukup ampuh digunakan dalam mempelajari suatu ilmu pemrograman.

Sekedar berbagi pengalaman.
Metode ini ternyata sudah saya gunakan ketika masa awal mempelajari ilmu pemrograman, meskipun pada saat itu saya belum mengenal nama metode tersebut. Pada saat itu yang saya pikirkan adalah membuat, membuat, dan membuat program. Program seperti apa? ya program yang saya inginkan waktu itu, misalnya program presensi kelas (sangat sederhana dan tentunya sangat amat culun, karena hanya menggunakan sekumpulan perintah if untuk mencocokan data) atau hanya program sederhana yang bisa melakukan perhitungan sederhana pula.

Mungkin karena sering mencoba membuat program dan sangat sering menemukan banyak kesalahan, naluri programming saya muncul. Meskipun masih sangat subjektif (pengalaman pribadi .red), saya sudah mulai bisa merasakan mana program yang baik dan program yang kurang baik, mana program yang efisien dan mana yang boros resource, serta yang paling penting adalah saya bisa menemukan dimana letak kesalahan yang mungkin timbul saat merancang sebuah program dan mencari solusi dari masalah tersebut. Sekali lagi kata "naluri" disini masih sangat subjektif dan hanya pendapat saya pribadi, jadi tidak perlu dibahas lebih lanjut.

Bagi teman-teman yang sedang belajar pemrograman, metode trial and error dapat digunakan untuk menyelesaikan kasus-kasus atau masalah pemrograman yang sedang kalian dihadapi. Caranya mudah, sesuai dengan istilahnya, kalian cukup mengtikkan baris demi baris program (tentuny didasarkan pada teori yang terkait) dan kalian akan menemukan beberapa kesalahan yang terkadang cukup menjengkelkan.

Kesalahan yang akan kalian temukan bisa berupa kesalahan sintaksis maupun kesalahan logika. Jika itu terjadi, jangan takut atau bingung, justru kalian harus lebih terpacu untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Setiap masalah pasti ada solusi dibaliknya. Kalian bisa menemukan solusi dengan berbagai cara, misalnya membaca referensi, membaca artikel, browsing, atau bertanya pada orang yang mengerti akan hal tersebut.

Poin penting yang saya tekankan adalah kemauan untuk terus mencoba, mencoba, dan mencoba membuat program. Semakin banyak kesalahan, semakin banyak pula kalian mendapatkan sesuatu (baca: ilmu pengetahuan). Jangan menyerah pada masalah yang sedang kalian hadapi. Baik/buruknya program yang kalian buat hanyalah secuil kisah yang akan menyusun masa depan kalian di dunia pemrograman.

*untuk teman dan adik yang sedang belajar pemrograman (basic) -like what I do now.

5 comments:

  1. pertamax!!! huaaa saya selalu salut ama orang2 yang ngerti programming, karena sayah ga bisa. Kalo mo belajar mulai dari mana ya?!

    ReplyDelete
  2. hmmm... trial n error juga sering daku terapkan dalam urusan nge-blog hehhehe kl pas trial ga error ya senengnya minta ampun... tp kl pas error.. buru2 dech cari nara sumber buat ditanya2 ahhahaha

    ReplyDelete
  3. Artikel anda di

    http://fibonation.blogspot.com/2009/02/programming-trial-and-error.html

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur musikgue, info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

    ReplyDelete
  4. hah? *bengong..*
    iyeh gwa mah lagi belajar wat ngerapiin blog n bikin puisi pke html ama javascript (secara gwa gaptek akut tentu susahnya luar binasa..)

    ReplyDelete
  5. trial and error juga metode yang diusung karl popper kalo nggak salah... hhe...

    ReplyDelete

Quotation of the Day